juragan valas

Ritual Trader

ritual trading ritual Open posisi Rp 00.00
Sebelum melakukan transaksi, ada suatu ritual yang tidak boleh dilupakan trader. Cara yang wajib dilakukan oleh semua trader.

Ritual yang dilakukan setiap trader hampir sama, walaupun caranya mungkin berbeda. Secara kasat mata, trader yang profit memperlihatkan kalau ritualnya berhasil.

Artikel kali ini akan membahas apa yang harus dilakukan seorang trader ketika sedang membuat open posisi. Kebiasaan apa yang sering dibutuhkan sebelum membuat order.

Ritual diforex bukan berarti membaca mantra, bukan pula meniup dupa, tapi sejenis penelitian rutin di awal transaksi. Kayak apa sih penelitiannya?  Dibawah ini nih penjelasannya :

Harga Murah / Mahal
Trader perlu mengerti tentang harga saat ini. Biasanya kalau harga lagi mahal, trader dapat melihat dari gerakan yang terus merangkak naik.

keadaan jenuh market
Gambar 1. Harga Mahal

Bisa juga ketika mengalami pelemahan tiba-tiba harga membuat pembalikan. Begitu juga apabila terjadi harga yang sedang murah. Market tiba-tiba berubah turun dengan arah yang terus menurun. Untuk memastikannya boleh cek pola gerakan harian.

Disini trader dapat mengambil peluang untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya. Karena setiap kenaikan atau penurunan yang terlalu parah akan retrace atau pelemahan kembali.

Misalnya saja harga EUR/USD mengalami kenaikan 100 poin padahal biasanya hanya kurang dari 80 poin. Maka peluang untuk mendapatkan profit 20 poin dari harga yang tidak normal tersebut cukup besar.

Confirm Indikator 

indikator MA
Gambar 2. Moving Average

Untuk memastikan valid atau tidaknya harga saat ini, perlu memperhatikan indikator. Misalnya MA sudah crossing apa belum. Jika sudah, ada kemungkinan harga balik lagi. 

TP, SL, Cutloss
Antisipasi dari kerugian harus selalu dipikirkan oleh trader. Persiapan ini mesti rutin dilakukan trader sebelum membuka order. Kerja keras yang dilakukan pastinya akan membuahkan hasil apabila trader melakukan ritual dengan benar.

sandal jepit yang digembok
Gambar 3. Gembok Pengaman Sandal

Trader juga perlu menyediakan batas pengaman, baik TP, SL, atau cutloss. Lalu tiba-tiba saja ada seorang teman bilang "Ane tidak pakai boss", Sela Paijo dengan cengengesan. Ooo begitu, asal yakin dan siap kehilangan Jo, its ok. Tapi kalau takut rugi, maka siapin dong pengamannya.. he he he..

Share this on Google+
Penentang dan Pengikut
Tambahkan

0 komentar:

Post a Comment