juragan valas

Dalih Usia

dalih usia Rp 00.00
Merasa lebih tua atau malah terlalu muda sering dirasakan oleh sebagian Trader. Karena sudah tua jadi tidak perlu belajar trading. Begitu juga yang muda merasa sulit mempelajari trading.

Sebetulnya punya pikiran seperti itu hanya akan melemahkan kesempatan untuk menjadi seorang Trader. 

Belajarlah sekarang, maka hasilnya dapat dinikmati kemudian. Jika Anda mengulur waktu, kesempatan itu memang benar tak akan datang kembali. Gambaran tersebut akan diuraikan pada artikel berikut ini.

Dalih usia merupakan penyakit kegagalan karena tidak pernah merasa berada pada usia yang tepat. Hal ini muncul dalam dua bentuk yang mudah dikenali dengan variasi  alasan "Saya terlalu tua" dan "Saya terlalu muda."

Dalih usia dapat disembuhkan asal tahu caranya. Beberapa tahun yang lalu sewaktu saya menjalankan suatu pelatihan diperusahaan. Di dalam program pelatihan itu ada seorang peserta yang bernama Dedi. 

Ia sudah berusia 40 tahun, berharap dirinya dapat diangkat menjadi wiraniaga, tetapi akhirnya ia mengurungkan niatnya karena merasa sudah terlalu tua. "Bagaimanapun," ia menjelaskan. "Saya harus memulai dari awal sekali. Dan pada usia empat puluh, saya sudah terlalu tua untuk melakukan itu semua."


memberi solusi dan jalan keluar
Gambar 1. Tukar Pikiran


Saya berbicara dengan Dedi beberapa kali mengenai masalah "usia tua" ini. Saya coba mendekatinya dengan berkata : "Dedi, kapan usia produktif manusia dimulai?" Ia berpikir beberapa detik, dan menjawab, "Oh, mungkin ketika ia berusia sekitar 20 tahun"

"Benar," saya ikut membenarkan jawaban Dedi. "Sekarang kapan usia produktif manusia berakhir?" Dedi menjawab, "Kalau tetap sehat dan menyukai pekerjaan, mungkin orang masih sangat berguna ketika ia berusia 70 tahun atau lebih."

"Baiklah," saya berkata, "banyak orang masih sangat produktif sesudah mereka mencapai usia 70, tetapi marilah kita sepakati apa yang baru saja Anda katakan tersebut merupakan rata-rata usia yang baik dalam pekerjaan".


kakek dan cucu masih semangat menjalani hidup
Gambar 2. Usia Produktif Sampai 70 Tahun


"Seorang manusia memiliki masa kerja produktif mulai dari usia 20 sampai 70 tahun. Itu artinya rentang waktu 50 tahun, atau setengah abad seseorang bekerja. Sekarang Anda baru berusia 40 tahun. Berapa tahun kehidupan produktif yang sudah Anda jalankan?" "Dua puluh," jawabnya. "Dan berapa tahun lagi yang tersisa?" Ia menjawab: "Tiga puluh".

"Dengan kata lain, Anda bahkan belum mencapai setengah jalan. Anda baru menggunakan 40 persen dari tahun-tahun produktif Anda." Saya menatap Dedi dan mengetahui bahwa ia mulai mengerti. Akhirnya ia sembuh dari dalih usia.


merasa muda atau merasa tua
Gambar 3. Merasa Terlalu Tua Bisa Diubah Menjadi Masih Muda


Kini Dedi melihat bahwa ia masih mempunyai banyak kesempatan penuh peluang yang masih tersisa. Ia berubah dari berpikir, "Saya sudah terlalu tua," menjadi "Saya masih muda." Dedi sadar bahwa usia tidak menjadi soal. Sikap terhadap usia itulah yang menjadikannya peluang atau malah menjadi penghalang.


Share this on Google+
Inteligensi | Masalah Usia
Tambahkan

0 komentar:

Post a Comment