juragan valas

Istilah Trading

Rp 00.00
Banyak sekali istilah-istilah yang terkadang sulit untuk dipahami. Arti-arti yang sebagian besar dari bahasa Inggris tersebut membuat kita tidak tahu fungsi dan artinya.

Disini kami mencoba menyederhanakan istilah-istilah yang umum terlihat dalam trading secara keseluruhan.

Istilah dibuat secara singkat, rinci, dan padat berisi. Semoga Anda dapat lebih cepat mengetahui definisi dan cara penggunaan berdasarkan nama di masing-masing menu.

Ask
Harga yang memiliki kuotasi tertinggi. Bisa disebut sebagai harga dasar permintaan pasar. Harga ini dijadikan patokan dalam setiap pembelian kurs mata uang. 

Balance
Dana dari transaksi yang benar-benar telah selesai atau operasi non-trading pada rekening trading. Ini merupakan modal bersih setelah digunakan untuk transaksi.

Base Currency
Mata uang pertama dalam pasangan mata uang. Bisa disebut mata uang major karena digunakan hampir sebagian besar trader didunia. Contoh mata uang utama adalah EUR, USD, JPY, atau GBP.

Bid
Harga dengan kuotasi terendah. Disebut pula sebagai harga penawaran. Harga ini dijadikan patokan dalam setiap penjualan kurs mata uang.

Bonus Fund
Hadiah yang dikhususkan untuk klien dalam batas-batas program bonus dan kontes. Biasanya diselenggarakan oleh Perusahaan forex.

Equity
Saldo akun yang sedang digunakan transaksi saat ini. Dihitung menurut rumus: ( Balance + keuntungan mengambang ) - kerugian mengambang.

Client
Suatu badan atau perseorangan yang setuju untuk memenuhi perjanjian dengan pialang. Hal ituu sebagaimana dimaksud oleh Perjanjian Klien.

Terminal Klien 
Software yang digunakan dalam melakukan transaksi. Ada banyak jenis yang salah satunya MetaTrader 4.

Client's Log File
File yang dibuat oleh terminal klien. Gunanya untuk merekam semua permintaan dan pesanan yang dikirim dari Klien ke Dealer dengan keakuratan setengah detik.

Closed Position
Proses menutup posisi yang dilakukan klien dalam menjual atau membeli sejumlah mata uang tertentu untuk mengimbangi jumlah yang sama dari posisi terbuka.

Complete Closed Transaction
Dua operasi trading yang berlawanan dengan jumlah yang sama (posisi pembukaan dan penutupan). Misalnya pembelian diikuti dengan penjualan atau penjualan yang diikuti dengan pembelian.

Contract Specifications
Istilah trading dasar (seperti spread, ukuran lot, kuantitas operasi minimal trading, perubahan dalam pergerakan volume operasi trading, initial margin, dll) untuk setiap instrumen.

Currency Pair
Dua mata uang atau lebih yang menyusun nilai tukar asing. Sebagai contoh, EUR/USD. Namun ada pula yang membentuk gabungan. Contoh: ERN/JPK.

History Akun 
Daftar transaksi lengkap dan pengoperasian non-trading dari live account. Berfungsi untuk melihat perjalanan transaksi yang pernah dilakukan trader.

Aktif Account 
Pembukaan Rekening Klien pada suatu broker. Biasanya akun standar pasar memiliki jumlah lot yang lebih besar di mana jumlah 1 lot pasar = $10.

Dealer
Sebuah perusahaan yang bertindak sebagai pelaku atau mitra dalam suatu transaksi. Pelaku mengambil satu sisi posisi, berharap memperoleh spread (keuntungan) dengan menutup posisi dalam perdagangan selanjutnya dengan pihak lain.

Agen 
Individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara, menyatukan pembeli dan penjual. Istilah lainnya sebagai jembatan antara broker ke clien.

Fast Market
Kondisi pasar yang tiba-tiba bergerak cepat dan biasanya diikuti oleh gap harga. Hal ini dapat terjadi tepat sebelum, dan/atau sesudah satu atau beberapa peristiwa :

(1) G8 (AS, Jerman, Jepang, Perancis, Inggris, Kanada, Italia, Rusia).
(2) Konferensi pers dari bank sentral, menteri keuangan dan presiden.
(3) Intervensi mata uang organisasi Negara
(4) Aksi teroris dalam skala nasional
(5) Bencana alam, yang menyebabkan situasi darurat di daerah tertimpa
(6) Awal perang atau aksi militer
(7) Kekuatan politik seperti pengunduran diri atau peresmian (hasil pemilu)
(8) Kondisi lain yang berpengaruh terhadap nilai tukar dinamis.
(9) Keputusan Bank sentral terhadap tingkat suku bunga

Floating Profit/Loss
Masih mengambangnya keuntungan / kerugian dari posisi terbuka. Pada saat trader mulai membuka posisi maka keadaan tersebut sudah disebut sebagai kondisi floating.

Force Major Circumstance
Kejadian yang tidak dapat diramalkan atau dicegah. Seperti bencana alam, perang, tindakan teror, tindakan pemerintah, tindakan otoritas pemerintah eksekutif dan legislatif, serangan hacker dan aksi lainnya yang menghalangi server.

Free Margin
Dana yang tersedia pada rekening untuk digunakan dalam membuka posisi. Hal ini dihitung sebagai: Free Margin = Equity Margin.

Leverage
Rasio jumlah yang digunakan dalam transaksi. Ada banyak jenis leverage 1:100, 1:200. Leverage 1:200 berarti untuk membuka transaksi perlu memiliki 200 kali lebih kecil dari jumlah transaksi yang dijaminkan.

Lock
Mengunci suatu posisi trading baik dalam keadaan minus atau profit. Jika kondisi lock sedang dalam keadaan minus disebut lock minus. Sebaliknya bila lock sedang profit disebut lock profit.

Lot
Unit untuk mengukur jumlah deal. Bisa pula dinamakan volume pada platform metatrader. Lot ini merupakan satuan yang mewakili jumlah nilai uang dalam sebuah transaksi.

Lot Size
Sejumlah aset, produk, mata uang dasar yang ditentukan dalam spesifikasi kontrak per satu lot. Masing-masing broker memiliki kebijakan. Contoh 1 lot = $10, 1 lot $1.

Margin
Dana cadangan yang dibutuhkan dalam perdagangan untuk tujuan mempertahankan posisi terbuka. Ketika margin menjadi minus, maka akun telah mengalami masa kritis.

Margin Level
Suatu persentase dari ekuitas. Dihitung dengan rumus: (ekuitas / margin) * 100%. Fungsinya untuk mengetahui berapa titik aman level yang digunakan dalam transaksi. Ada yang menyebut kondisi masih aman pada level margin di atas 100.

Margin Call
Permintaan dari broker atau dealer untuk dana tambahan atau jaminan lainnya karena dana sudah tidak mencukupi. Hal ini ditandai dengan warna merah pada platform metatrader.

Margin Trading
Pengoperasian transaksi trading dengan acuan leverage. Misalnya ketika Klien memiliki kesempatan untuk menutup transaksi yang melebihi keuangannya karena melewati toleransi kerugian.

Market Opening
Perdagangan pembukaan kembali setelah akhir pekan. Terjadi ketika market baru buka di pagi hari setelah mengalami penutupan pada hari Sabtu dan Minggu.

Market Opening Price Gap
Pembukaan pasar dengan nilai Bid yang lebih besar dari penutupan pasar. Namun bisa sebaliknya pembukaan pasar dengan nilai Ask yang lebih kecil dari Bid pada harga penutupan pasar.

Order
Instruksi Klien kepada Dealer agar membuka / menutup posisi, mendistribusikan, memindahkan atau mengubah level order.

Order Level
Menyiapkan level harga harga dalam rangka untuk membuka / menutup, menghapus atau mengubah posisi. Masih berupa order imajiner, belum open posisi nyata.

Pending order
Permintaan klien ke dealer untuk membuka posisi dengan memesan harga. Harga belum masuk ke pasar, namun sudah ada pemesanan. 

Pips
Harga terkecil untuk mata uang asing. biasanya juga disebut Poin. 1 Pips merupakan 1 penambahan atau pengurangan harga. Tergantung nilai lot yang sedang digunakan. 

Price Gap
Gap dengan skala lebih kecil. Biasanya terjadi saat ada news penting. Pergerakannya tidak ekstrim namun cukup mengagetkan. 

Quoting
Proses pemberian selisih rate kepada Klien untuk pembukaan/penutupan transaksi. Maksud dari quoting adalah selisih rate yang diberikan kepada klien.

Rate
Harga mata uang saat ini. Contohnya ketika kita menukarkan uang di bank, dengan membawa $1 langsung mendapat Rp.12.500,-

Server's Log File
Suatu data file yang dibuat oleh server berfungsi untuk merekam semua permintaan dan pesanan klien ke Dealer. Semuanya diproses kurang dari 1 detik.

Server
Perangkat lunak produk platform trading yang memproses order dan permintaan Klien, mengirimkan informasi mengenai trading pasar keuangan secara real-time (kuantitas ditentukan oleh Perusahaan).

Spike
Adanya jarak saat pergerakan harga berlangsung. Mirip dengan gap namun lebih kecil lagi. Biasanya harga tiba-tiba langsug diatas/dibawah padahal kondisi market masih normal.

Spread
Perbedaan pip antara Bid dan Ask. Ini merupakan selisih harga untuk diberikan kepada broker. Keuntungan murni broker merupakan mengambil spread dari trader.

Stop Out
Perintah paksa penutupan posisi langsung dari server. Sudah otomatis sistem yang menjalankan. Tidak ada campur tangan manusia ketika stop out terjadi.

Swap
Biaya transaksi ketika melewati pukul 00 GMT atau 4 pagi WIB. Sekarang sudah banyak broker yang memilih free swap. Alasannya swap seperti bunga bank.

Thin Market
Suatu kondisi pasar dimana ada quota yang lebih sedikit pada trading platform dari biasanya, untuk jangka waktu lama.

Ticket
Nomor identifikasi khusus yang diberikan setiap posisi pembukaan atau pesanan tertunda pada platform trading. Bila terjadi masalah saat open posisi, langkah pertama adalah melihat ticket ordernya.

Transfer Quantity
Jumlah dan ukuran lot. Jika 1 lot standar merupakan $10, maka lot untuk akun tertentu bisa lebih kecil. Kuantitas sama dengan bobot dari nilai lot/volume trading.

Trading Platform
Satu set perangkat lunak dan sumber daya teknis yang mendukung informasi trading pasar keuangan secara real-time, memproses transaksi trading, mempertimbangkan kewajiban timbal balik antara Klien dan Dealer, dan mengamati kondisi dan restriksi. Untuk tujuan Regulasi ini, terdiri dari "Server" dan terminal "Klien".

Trading Account
Rekening yang memiliki nomor unik, dikelola oleh klien untuk tujuan perdagangan instrumen keuangan melalui platform trading.

Share this on Google+
Trading Gratis
Tambahkan

0 komentar:

Post a Comment