juragan valas

Obat Mental

Rp 00.00
Kami mempunyai teman, kebetulan seorang psikolog dan beliau mengatakan bagaimana ia menolong salah seorang dari pasiennya untuk berhenti melakukan "bunuh diri mental dan spiritual." 

"Pasien wanita ini," ia menjelaskan, "berusia menjelang akhir tiga puluhan, dan mempunyai dua anak. 

Dalam terminologi awam, ia menderita depresi hebat. Ia mengingat semua insiden kehidupannya sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan. Hari-hari sekolahnya, perkawinannya, pengasuhan anak-anaknya, tempat ia tinggal, semua dipikirkan secara negatif."

"Ia dengan sukarela mengatakan bahwa tidak dapat mengingat bahwa pernah benar-benar merasa berbahagia. Dan karena apa yang orang ingat dari masa lalu mewarnai apa yang ia lihat pada masa sekarang, akhirnya dia tidak melihat apa pun selain pesimisme dan kegelapan." 

"Ketika kutanyakan kepadanya tentang sebuah gambar yang saya perlihatkan kepadanya. Ia berkata, 'Tampaknya akan ada badai hebat nanti malam.' Itu adalah penafsiran termuram yang pernah saya dapat mengenai gambar tersebut." 

gambar matahari terbit atau terbenam
Gambar 1. Gambar Pemandangan

Gambar sebenarnya adalah sebuah lukisan minyak berukuran besar menggambarkan matahari yang menggantung rendah di langit dan garis pantai berbatu karang serta bergerigi. Lukisan tersebut dikerjakan secara cerdik dan dapat dipandang sebagai matahari terbit atau matahari terbenam. Psikolog tersebut berkomentar kepada saya apa yang orang lihat di dalam gambar adalah petunjuk tentang kepribadiannya. 

Kebanyakan orang mengatakan gambar itu menunjukkan matahari yang sedang terbit. Akan tetapi, orang yang depresi dan mengalami gangguan mental nyaris selalu mengatakan itu matahari terbenam.

"Sebagai psikolog, saya tidak dapat mengubah apa yang sudah ada di dalam ingatan seseorang. Akan tetapi, saya dapat, dengan kerja sama si pasien, membantu individu bersangkutan melihat masa lalunya dengan sudut pandang yang berbeda. Itu adalah pengobatan umum yang saya gunakan pada wanita ini."

Saya bekerja bersama pasien untuk membantunya melihat keriangan dan kesenangan dalam masa lalu dan bukan kekecewaan total. "Sesudah enam bulan, wanita ini mulai memperlihatkan perbaikan. Pada saat itu, saya memberinya sebuah tugas khusus. Tiap hari saya memintanya memikirkan dan menuliskan tiga alasan spesifik mengapa ia harus bahagia." 

"Kemudian, pada tugas yang berikutnya bersama saya setiap hari Kamis, akan memeriksa daftar tersebut bersamanya. Saya meneruskan jenis pengobatan ini selama tiga bulan. Perbaikan yang dialami wanita ini sangat memuaskan. Sekarang, wanita ini dapat menyesuaikan diri secara sangat baik dengan situasinya. Ia bersikap positif dan tentu saja sama bahagianya dengan kebanyakan orang."

Menjadi wanita periang dan positif
Gambar 2. Wanita Karir

Ketika wanita ini berhenti menarik pikiran-pikiran negatif dari bank ingatannya, ia menuju kesembuhan. Besar atau kecil masalah psikologis yang dialami, penyembuhan datang ketika orang belajar berhenti menarik pikiran negatif dari bank ingatannya dan sebagai gantinya menarik pikiran yang positif. 

Jangan membangun monster mental. Jangan menarik pikiran yang tidak menyenangkan dari bank ingatan Anda. Ketika mengingat situasi apa pun, berkonsentrasilah pada sisi baik dari pengalaman tersebut; lalu lupakan yang buruk. Kuburkan saja sisi buruknya. Jika mendapatkan diri Anda berpikir tentang sisi yang negatif, hentikan dari berpikir itu sama sekali.

Share this on Google+
Monster Mental | Taklukkan Takut
Tambahkan

0 komentar:

Post a Comment