juragan valas

Wawancara

Rp 00.00
Belum lama ini saya berbincang dengan seorang pejabat personalia dari salah satu organisasi industri yang sangat besar. 

Empat bulan setiap tahun ia mengunjungi akademi dan perguruan tinggi guna merekrut staf untuk program pelatihan eksekutif junior yang berada di perusahaannya. 

Nada umum dari komentarnya menunjukkan bahwa ia berkecil hati karena sikap banyak anak muda yang ia ajak berbicara.

"Hampir setiap hari saya mewawancarai antara 8 dan 12 mahasiswa senior, semua termasuk posisi atas di dalam kelas mereka, dan semua setidaknya agak berminat untuk bergabung dengan staf kami.

"Salah satu hal utama yang kami cari di dalam wawancara penyaringan adalah motivasi diri individu. Kami ingin mengetahui apakah ia termasuk jenis orang yang dapat, dalam waktu beberapa tahun, memimpin proyek-proyek besar, memanajemeni kantor cabang atau pabrik, atau dengan suatu cara lain memberikan sumbangan yang benar-benar besar bagi perusahaan."

usia pensiun
Gambar 1. Perencanaan Pensiun

"Saya harus mengakui bahwa saya tidak terlalu senang dengan sasaran kebanyakan orang muda yang saya wawancarai." Anda akan terkejut," ia melanjutkan, "berapa banyak orang berusia 22 tahun yang lebih tertarik akan rencana pensiun kami dibandingkan apa saja yang lain yang kami tawarkan. 

Pertanyaan favorit kedua adalah, 'Apakah saya akan banyak bepergian?' Kebanyakan orang muda tampaknya mendefinisikan kata sukses sinonim dengan jaminan. Dapatkah kita mengambil risiko mempercayakan perusahaan kita kepada orang-orang seperti itu?

merenung diri
Gambar 2. Berpikir Sempit

"Yang tidak dapat saya mengerti adalah mengapa orang-orang muda dewasa ini harus menjadi begitu ultrakonservatif, begitu berpandangan sempit mengenai masa depan? Setiap hari tampaknya ada semakin banyak peluang. Negara ini membuat kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan perkembangan industri. Populasi bertambah dengan pesat.

Kecenderungan begitu banyak orang yang berpikiran kecil berarti ada jauh lebih sedikit persaingan ketimbang yang Anda kira untuk karier yang sangat memberikan harapan.

Share this on Google+
Senyuman | Penilaian Diri
Tambahkan

0 komentar:

Post a Comment