juragan valas

Antusiasme

setuju Rp 00.00
Cara kita berpikir mengenai pekerjaan menentukan bagaimana bawahan kita dapat berpikir mengenai pekerjaan mereka. Itu menandakan bawahan akan selalu mengikuti cara pandang atasan.

Sikap terhadap pekerjaan dari bawahan kita adalah cerminan langsung dari sikap kita sendiri terhadap pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari. 

Baik sekali untuk diingat bahwa titik superioritas kita dan kelemahan tampak di dalam perilaku orang yang melapor kepada kita, sama seperti anak merefleksikan sikap orangtuanya. 

Artikel ini akan memberikan petunjuk lebih jelas tentang antusiasme. Setiap orang dapat membuat antusiasme kepada dirinya sendiri.

Pertimbangkan satu karakteristik dari orang yang berhasil adalah antusiasme. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa orang bagian penjualan yang antusias di dalam sebuah Toko  Syukur Makmur membuat Anda, pelanggan, menjadi lebih bergairah akan barang yang ditawarkan? 

Pernahkan Anda melihat bagaimana seorang pendeta atau pembicara lain yang penuh semangat membuat para pendengarnya terjaga, siaga, dan antusias? Jika Anda mempunyai antusiasme, orang di sekeliling Anda juga akan memilikinya. 

Akan tetapi bagaimana orang mengembangkan antusiasme? Langkah dasarnya sederhana yaitu berpikirlah penuh antusias. Kembangkan di dalam diri Anda suatu perasaan optimistis dan progresif bahwa "ini hebat dan saya 100 persen menyokongnya." 

semangat
Gambar 1. Antusias

Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Berpikirlah penuh antusiasme, maka Anda akan menjadi antusias. Untuk mendapatkan kerja yang berkualitas tinggi, antusiaslah mengenai pekerjaan yang Anda ingin selesaikan. 

Orang lain akan tertular antusiasme yang Anda bangkitkan dan Anda akan mendapatkan prestasi kelas satu. Akan tetapi jika, dengan cara yang negatif, Anda "menipu" perusahaan dalam uang belanja, suplai, waktu dan cara-cara picik lain, maka apa yang dapat Anda harapkan akan dilakukan oleh bawahan Anda. 

Biasakan datang terlambat dan pulang lebih cepat; maka apa menurut Anda yang akan dilakukan oleh "anak buah Anda"? 

Ada satu insentif besar buat kita untuk berpikir benar mengenai pekerjaan sehingga bawahan akan berpikir benar mengenai pekerjaan mereka. Atasan kita mengevaluasi diri kita dengan mengukur kualitas serta kuantitas keluaran yang kita dapatkan dari orang yang melapor kepada kita. 

Mari kita lihat dengan cara ini, siapa yang akan Anda promosikan menjadi manajer penjualan cabang yang para wiraniaganya melakukan pekerjaan superior? atau manajer cabang yang para wiraniaganya hanya mempunyai prestasi biasa saja? 

semangat juang tinggi
Gambar 2. Antusiasme

Siapa yang akan Anda rekomendasikan untuk mendapatkan promosi menjadi manajer produksi penyelia yang departemennya memenuhi kuota, atau penyelia yang departemennya tertinggal di belakang? Di bawah ini adalah dua saran untuk membuat orang lain bekerja lebih banyak dari Anda : 

1. Selalu perlihatkan sikap positif terhadap pekerjaan Anda sehingga bawahan Anda akan "menangkap" cara berpikir yang benar.

2. Sementara Anda mendekati pekerjaan Anda setiap hari, bertanyalah kepada diri sendiri, "Apakah saya layak dalam segala segi untuk ditiru? Apakah semua kebiasaan saya sebegitu rupa sehingga saya akan senang melihat kebiasaan tersebut pada diri bawahan saya?"

Lakukanlah dengan benar maka sikap antusiasme akan menular kepada siapa saja disekitar Anda seperti sebuah virus yang menyebar cepat. Selesaikan tugas ini maka Anda akan mendapatkan hasilnya.

Share this on Google+
Meniru | Semangat
Tambahkan

0 komentar:

Post a Comment