juragan valas

Catatan Kecil

catatan Rp 00.00
Tiap tahun sebatang pohon ek menghasilkan cukup banyak biji untuk memenuhi hutan yang lumayan luas. 

Tupai memakan sebagian besar bijinya, dan tanah yang keras di bawah pohon tidak memberi banyak kesempatan untuk mulai bertumbuh kepada benih yang tersisa. 

Begitu pula dengan gagasan. Sedikit sekali yang menghasilkan buah. Gagasan mudah sekali hancur. Jika kita tidak waspada, tupai (orang yang berpikiran negatif) akan menghancurkan sebagian besar gagasan tersebut. 

Gagasan memerlukan penanganan khusus sejak dilahirkan hingga diubah menjadi cara-cara praktis mengerjakan sesuatu dengan lebih baik. Gunakan tiga cara ini untuk memelihara dan mengembangkan gagasan Anda:

1. Jangan biarkan gagasan lepas
Tuliskan gagasan tersebut. Setiap hari banyak sekali gagasan yang dilahirkan hanya untuk mati dengan cepat karena tidak dituangkan ke atas kertas. Ingatan adalah budak yang lemah dalam melindungi dan memelihara gagasan yang masih sangat baru. 

kertas kosong
Gambar 1. Catatan Kecil

Bawa selalu buku catatan atau beberapa kartu kecil bersama Anda. Jika anda mendapatkan suatu gagasan, tuliskanlah. 

Orang dengan pikiran yang kreatif dan subur mengetahui bahwa gagasan yang bagus dapat muncul setiap waktu di setiap tempat. Jangan biarkan gagasan lepas atau Anda merusak buah dari pikiran Anda. Kurunglah gagasan tersebut.

2. Tinjau gagasan Anda
Tempatkan gagasan di dalam arsip aktif. Arsip itu dapat disimpan di dalam lemari yang rumit atau dapat berupa meja berlaci. Kotak sepatu juga cukup bagus. Akan tetapi buatlah arsip dan kemudian periksa gudang gagasan Anda secara teratur. 

periksa catatan
Gambar 2. Tempat Corat Coret

Sementara memeriksa gagasan Anda, sebagian mungkin tidak mempunyai nilai sama sekali. Singkirkan gagasan tersebut. Akan tetapi selama suatu gagasan mempunyai harapan, simpanlah terus. 

3. Tanam dan pupuk gagasan Anda 
Buatlah gagasan bertumbuh. Pikirkan gagasan tersebut. Kaitkan gagasan tersebut dengan gagasan-gagasan lain yang masih berhubungan. Baca apa saja yang dapat Anda temukan entah bagaimana caranya dapat berhubungan dengan gagasan Anda. Selidiki semua sudut. Kemudian, ketika waktunya tiba, buat gagasan itu bekerja untuk diri Anda, pekerjaan Anda, masa depan Anda.

Share this on Google+
Gagasan Baru | Gagasan
Tambahkan

0 komentar:

Post a Comment