juragan valas

Dolar AS

runtuhnya dollar As Rp 00.00
Mata uang USD akhir-akhir ini sangat diminati oleh banyak kalangan. Hingga membuat perekonomian Amerika sana membaik dan bisa memacu kinerja dan pembukaan lapangan kerja baru yang stabil.

Namun permasalahan sebenarnya belum terjadi, bahwa nilai dollar sudah tidak sekuat dulu lagi. Akan ada mata uang tandingan dollar.

Banyak dari negara-negara super yang memiliki pengaruh kepada perekonomian dunia sudah tidak setuju lagi dengan penggunaan mata uang satu ini. Apa penyebabnya dan bagaimana perjalanan mata uang Dolar dimasa depan? Anda dapat melihat ulasannya di bawah ini.

Lima dari sepuluh ekonomi dunia dan beberapa negara menolak untuk menggunakan dolar sebagai mata uang perantara dalam transaksi perdagangan antar negara. Kelima ekonomi dunia tersebut adalah Cina, Australia, Jepang, India, dan Rusia.


Dolar AS bisa dengan cepat kehilangan statusnya sebagai cadangan mata uang global. Gejala ini sempat menimbulkan kekhawatiran terhadap dolar dan Amerika Serikat karena efek imbasnya sangat besar dan bisa menganggu negara adidaya tersebut.


dolar amerika
Gambar 1. Mata Uang Dolar US

Cina yang berada di urutan kedua setelah AS, juga memiliki kesepakatan yang serupa dengan Jepang (di urutan ke-3), Brazil (urutan ke -6), India, (urutan ke-9), dan Rusia (urutan ke-10) untuk sama-sama tidak menggunakan mata uang dolar.

Meskipun perjanjian satu pihak antara Cina dan negara-negara yang disebutkan diatas berlangsung untuk beberapa periode waktu yang ditentukan, minggu lalu BRICS setuju untuk mendirikan bank-bank yang berkembang sebagai pesaing IMF, dimana akan mengantarkan menuju era baru dari dunia setelah penggunaan dolar.

Australia yang berada di urutan ke-12 dari ekonomi dunia, saat ini telah bergabung dalam daftar negara-negara yang telah setuju untuk tidak menggunakan dolar dalam perdagangan bilateral dengan Cina.

Selain itu, Brazil sangat setuju untuk menjatuhkan dolar dalam perdagangan bulateral dengan Cina pada beberapa waktu yang lalu, namun saat ini Brazil mengumumkan secara resmi dengan swap mata uang tahunan senilai $30 miliar yang akan memudahkan sekitar 50% dari seluruh perdagangan antara dua negara. Sangsi terhadapi Iran tidak menghalagi mereka melakukan perdagangan minyak mentah dengan Cina, Rusia, dan India pada mata uang apapun, terkecuali dolar AS. 


jagoan
Gambar 2. Adikuasa

Sebagai tambahan atas perjanjian dengan Cina, beberapa dari negara-negara ini telah membuat perjanjian yang serupa antara satu sama lain. Di tahun 2011 India dan Jepang menetapkan swap senilai $15 miliar pada mata uang masing-masing untuk melaksanakan perdagangan bilateral. 


Untuk mata uang dolar US dimasa depan sepertinya akan terdapat kondisi suram yang menyelimutinya. Dilihat dari beberapa negara besar yang telah menolak untuk memakai dolar maka menjadikan nilai dolar tidak akan lagi menjadi mata uang adikuasa.


Share this on Google+
Perumahan | Sesi Amerika
Tambahkan

0 komentar:

Post a Comment