Skip to main content

Deflasi

dampak terjadinya deflasi Rp 00.00
Seperti kehidupan berekonomi, kadang kala ada kenaikan namun ada pula penurunan. Sudah hukum alam terjadinya naik turun suatu harga.

Namun apa jadinya apabila harga terlanjur rendah dari harga biasanya. Harga yang terus mengalami pelemahan dan membuat barang-barang memiliki nilai jual yang jauh lebih murah.

Kali ini pembahasan akan mengarah pada keadaan yang berbeda dari inflasi. Suatu keadaan berkebalikan dan membahayakan. Hal itu karena ulah dari deflasi. Seperti apa sih deflasi itu? Simak uraian berikut ini.

Deflasi dalam waktu singkat identik dengan kemakmuran. Orang dimana-mana dapat membeli suatu barang dan mendapatkan segala yang diinginkan secara mudah. Deflasi artinya menurunnya harga barang sehingga kemampuan orang membeli barang meningkat.

negara kaya dan maju
Gambar 1. Kemakmuran

Hal ini terlihat dari semakin majunya suatu ekonomi disertai dengan meningkatnya taraf hidup. Itu berarti dalam suatu negara memiliki banyak bidang produksi yang mampu menghasilkan banyak barang.. hihihi.. Jika barang yang diproduksi lama-lama terlalu berlimpah, efeknya jelas akan buruk. Produk terus jalan sedangkan pembeli tidak ada. Efeknya harga barang mulai diturunkan.

Sayangnya buruh banyak di PHK untuk mengurangi kerugian perusahaan akibat banyak barang yang tidak banyak terjual. Setelah banyak orang kena PHK, daya beli masyarakat menurun. Warga kesulitan membeli barang karena gaji mereka juga semakin kecil atau tidak ada sama sekali.

es cendol
Gambar 2. Es Cendol

Misal es cedol sekarang ini harganya Rp 2.000, jika terjadi deflasi, es cendol bisa berharga Rp 500 saja. Bila ini berlangsung lama, pengusaha pada gulung tikar tentunya.. ho ho ho..

Jadi cukup meresahkan deflasi ini. Dampak paling buruk adalah para pengusaha. Namun secara global, baik konsumen maupun produsen sama-sama merugi dalam jangka waktu lama. Karena deflasi memiliki efek nasional, semua harga akan menurun drastis.

pengangguran karena di PHK
Gambar 3. Pengusaha Merugi

Banyak orang di PHK, perusahaan bangkrut, dan pengangguran dimana-mana. Buat apa harga murah tapi orang tak punya uang buat beli kebutuhan. Hasilnya tetap sama saja kan.. hihihi..merugikan.

Share this on Google+
Inflasi

Comments

Popular posts from this blog

Jurnal Trading

Rp 00.00

Pair GBPUSD

Rp 00.00

Login Firewoodfx

Rp 00.00

Trader Sejati

Rp 00.00 Kehidupan sehari-hari kita akan melihat realitas. Misalnya tentang sahabat, ia akan benar-benar ada ketika kita berada di masa sulit. Sedangkan teman yang lain pergi menjauh. Begitu juga dengan trader sejati, ia akan bertahan disaat orang-orang mengalami kerugian dan meninggalkan perdagangannya. Pada saat market lagi tren, setiap orang kemungkinan besar akan profit, memakai trading sistem apa pun, indikator macam apa pun, bahkan jika Anda buta chart dan tidak menganalisa market sebatas berdasarkan feeling, Anda masih bisa profit juga. Karena semua mata uang sedang tren. Tak terkecuali mata uang yang data fundamental jelek pun akan ikut bergerak jauh.

Tukang Batu

Rp 00.00