Skip to main content

Kalahkan Ketakutan

mengalahkan ketakutan Rp 00.00
Menghadapi suatu kenyataan pahit terkadang butuh solusi yang cepat, efisien, dan serius untuk segera menanganinya. 

Namun bagi mereka yang tidak punya jalan keluar karena sudah menumpuknya masalah dipikiran terkadang sangat sulit untuk menemukan ide-ide baru dan brilian.

Sebenarnya sudah ada orang yang pernah melakukan ini. Setiap ketakutan yang dialaminya selalu diobati dengan cara melakukan sesuatu. Hingga akhirnya ia sukses dan berjalan lebih baik saat ini.

Kalahkan kekhawatiran, dan ubahlah ketakutan menjadi keberuntungan. Jangan biarkan tubuh Anda dikuasi oleh rasa takut berlebihan.

Tindakan memang bisa mengalahkan ketakutan. Beberapa bulan lalu seorang usahawan yang sangat cemas dalam usianya keempat puluhan datang menemui saya. Ia memegang jabatan yang menuntut tanggung jawab untuk sebuah perusahaan pengecer yang besar. Dengan gugup, ia menjelaskan, "Saya takut kehilangan pekerjaan saya. Saya punya perasaan bahwa hari-hari saya segera berakhir di perusahaan ini."

"Mengapa begitu?" saya bertanya.

"Ya, karena angka penjualan di departemen saya lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Ini buruk sekali mengingat total penjualan toko naik 6 persen. Selama ini ada beberapa kritik bahwa kerja saya menurun. Saya merasa kehilangan pegangan. Asisten saya merasakan hal ini, dan saya meyakini itu.

konsultasi
Gambar 1. Konsultasi

Anggota staf senior lain sadar bahwa saya tidak sebaik dahulu." Dan ia pun melanjutkan. Akhirnya, saya memotong dan bertanya, "Apa yang akan Anda lakukan mengenai hal ini? Apa yang akan Anda coba lakukan untuk memperbaiki situasinya?"

"Ah," desahnya, "tidak banyak yang dapat saya lakukan, saya kira, kecuali mengharapkan yang terbaik." Terhadap komentar ini saya bertanya: "Secara jujur sekarang, apakah harapan saja cukup?" Tanpa memberinya kesempatan untuk menjawab, saya mengajukan satu pertanyaan lain. "Mengapa tidak mengambil tindakan untuk menunjang harapan Anda?" "Lanjutkan," pintanya.

memberi solusi terbaik
Gambar 2. Memberi Solusi

"Nah, ada dua jenis tindakan yang tampaknya cocok dengan kasus Anda. Pertama, mulai siang ini untuk menggerakkan angka penjualan ke atas. Anda harus menghadapinya. Ada alasan mengapa penjualan Anda menurun. Cari tahu. Mungkin Anda memerlukan penjualan khusus untuk mengobral barang Anda yang lambat bergerak, sehingga Anda akan dapat membeli beberapa stok baru".

"Barangkali Anda dapat mengatur ulang lemari peraga Anda. Mungkin wiraniaga Anda perlu lebih antusias. Saya tidak dapat meramalkan apa yang akan menaikkan penjualan Anda, tetapi salah satunya pasti akan berhasil. Dan mungkin bijaksana jika Anda berbicara secara pribadi dengan manajer bawahan Anda. Minta nasihatnya".

memiliki minat dan semangat
Gambar 3. Ada Peluang Untung

"Ia mungkin mempunyai beberapa gagasan bagus yang sudah lama ingin ia terapkan. Dan sejauh berkenaan dengan kehilangan pekerjaan, ingatlah bahwa terlalu mahal bagi toko untuk mengganti Anda selama para direktur merasa ada peluang perbaikan dari Anda."

Saya melanjutkan. "Kemudian minta asisten pembelian Anda bergerak. Biarkan orang di sekeliling Anda mengetahui bahwa Anda masih hidup." Keberanian muncul kembali di matanya. Kemudian ia bertanya, "Anda katakan ada dua jenis tindakan yang harus saya ambil. Apa yang kedua?"

bekerja keras
Gambar 4. Melakukan Kalkulasi Ulang

"Jenis tindakan yang kedua, yang dapat Anda katakan sebagai polis asuransi, adalah membiarkan dua atau tiga dari teman bisnis Anda yang terdekat di dalam bidang tersebut mengetahui bahwa Anda mungkin mempertimbangkan tawaran dari toko lain, dengan asumsi tentu saja pekerjaan itu jauh lebih baik dibandingkan pekerjaan yang sekarang".

"Saya sedikit pun tidak percaya bahwa pekerjaan Anda tidak akan terjamin sesudah Anda mengambil beberapa tindakan positif untuk membuat angka penjualan itu naik. Tetapi, untuk berjaga-jaga, adalah lebih baik jika Anda mendapat satu atau dua tawaran. Ingat, sepuluh kali lebih mudah bagi seseorang yang mempunyai pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan lain dibandingkan orang yang menganggur untuk mendapatkan pekerjaan."

mendapatkan kesuksesan dalam berkarir
Gambar 5. Berhasil

Akhirnya, dua hari yang lalu, orang yang pernah mengalami kesulitan ini mengunjungi saya. "Sesudah pembicaraan kita waktu itu, saya bekerja keras. Saya membuat beberapa perubahan, tetapi perubahan dasarnya adalah dengan para wiraniaga saya sendiri".

"Saya biasanya mengadakan rapat penjualan sekali seminggu, tetapi sekarang saya mengadakannya setiap pagi. Saya membuat orang-orang itu benar-benar antusias. Segera sesudah mereka melihat kehidupan di dalam diri saya, mereka bersedia bekerja lebih keras pula. Mereka cuma menunggu saya untuk memulai segalanya bergerak kembali. Segalanya berjalan baik".

rumah idaman
Gambar 6. Rumah Mewah

Minggu lalu, penjualan saya jauh di atas tahun kemarin, dan jauh lebih baik dibandingkan rata-rata penjualan toko. "Oh, omong-omong," ia melanjutkan, "saya ingin memberitahu Anda beberapa berita baik yang lain. Saya mendapatkan dua tawaran pekerjaan sejak kita bertemu waktu itu plus diiming-imingi rumah mewah. Dengan sendirinya saya merasa senang, tetapi saya menolak keduanya karena segalanya tampak baik kembali di sini".

Share this on Google+
Kisah Ketakutan

Comments

Popular posts from this blog

Cara Simple Trading

Rp 00.00

Youtube Berhadiah

Rp 00.00
Halo Gan.. Ada hadiah menanti Anda lho. Yeah hadiah menarik buat agan dari menonton youtube. Untuk mendapatkan hadiah, Pastikan Anda terdaftar menjadi anggota Juragan Valas.
Setiap bulan akan ada pemenang terpilih dan diumumkan melalui cannel youtube juragan valas. Semoga beruntung ya..

Tanpa Listrik

Rp 00.00

Daftar Anggota

Rp 00.00 Mendaftar keanggotaan pada juragan valas memiliki banyak keuntungan. Kelebihan yang akan didapatkan para JVer adalah :

Perencanaan Trading yang Benar

Rp 00.00 Saya pernah mendengar seorang trader berkata : "Keuntungan trading itu terjadi saat exit bukan saat buka posisi". Saya sendiri percaya bahwa yang terpenting dalam trading terletak pada penutupan transaksi, bukan saat kita entry.

Walaupun Anda misalnya berhasil open posisi dipucuk, dan pair tersebut bisa bergerak dengan kencang, tanpa adanya perencanaan keluar pasar secara matang, semuanya akan jadi percuma saja.
Cerita ini mengingatkan saya bertemu dengan seorang trader asal Surabaya, Jawa Timur. Ia mencoba buy GBPUSD. Kebetulan waktu itu harga memang sedang tinggi-tingginya. Lalu dia hold transaksi tersebut hingga beberapa lama.
Gambar 1. Trader Forex
Saat GBPUSD mulai turun, dia belum melepasnya karena merasa harga masih bisa naik. Namun sayang GBPUSD melemah dan turun hingga mengurangi equity hampir 50% dari modal. Akhirnya dia mulai panik dan dengan sangat terpaksa melakukan cut loss.
Perhatikan baik-baik dari cerita di atas. Ketika transaksi kena TP (Take Prof…