Skip to main content

Sedekah

melakukan sedekah Rp 00.00
Banyak arti kata sedekah. Ada yang menyebutnya infaq, donasi, pemberian, angpao, kasih ataupun berderma. 

Semua sama-sama memiliki arti mirip yaitu memberikan sebagian harta kita kepada orang lain. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana sedekah dapat mempengaruhi kehidupan. 

Kita langsung mempelajari dari berbagai jenis agama sekaligus untuk menyakinkan bahwa bersedekah merupakan tuntunan semua agama.

Dengan kita berderma maka kehidupan akan mudah, kendala menjadi sirna, dan kebahagiaan segera menular ke dalam keluarga. Nikmatilah hidup Anda dengan infaq, donasi, ataupun sedekah.

Islam
Agar rezeki yang Allah SWT berikan kepada kita menjadi berkah, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak sedekah.

yuk sedekah
Gambar 1. Sedekah

Kata Rasulullah SAW, ''Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.''

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW menjelaskan, ''Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, 'Ya Tuhanku, karuniakanlah?ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya kerena Allah'. Yang satu lagi menyeru, 'Musnahkanlah orang yang menahan hartanya'.''

Kristen
Keutamaan bersedekah sangat dianjurkan oleh pemeluk agama Kristen.

infaq atau donasi
Gambar 2. Donasi

"Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat". (Lukas 12:33)

Hindu
Bersedekah membawa pahala dan kebaikan dalam perjalanan setelah mati. Ini adalah bekal yang harus dipersiapkan oleh pemeluk agama Hindu.

pemberian sedekah
Gambar 3. Pemberian

"Maka hasil pemberian sedekah yang berlimpah-limpah adalah diperolehnya berbagai kenikmatan di dunia lain kelak;(S.S. Sloka 171)

Budha
Para pemeluk agama Budha percaya bahwa dana yang didermakan akan membawa kemakmuran.

berderma dana
Gambar 4. Berderma

"Dengan memberikan dana dimanapun juga, dan jika buah dari dana tersebut masak, maka akan datanglah kemakmuran, kekayaan, dan harta benda yang berlimpah; serta ia akan elok dipandang, tampan/cantik, bagaikan keindahan bunga teratai yang mengagumkan." (Anguttara Nikaya Vol. III, 48)

Melakuan sedekah merupakan wujud terima kasih kita kepada tuhan karena telah melapangkan rejeki dan mencukupkan setiap kebutuhan. Segeralah lakukan donasi untuk membantu rekan-rekan yang masih dihimpit kesusahan.

Share this on Google+
Donasi | Sedekah Jariyah

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Dinapoli

Rp 00.00

Jurnal Trading

Rp 00.00

Login Firewoodfx

Rp 00.00

Anda Frustasi di Forex? Ini Solusinya

Rp 00.00 Ada sebuah kisah jaman dahulu dari seorang tukang kayu ketika mahkluk-makhluk dibumi masih bisa berbicara layaknya manusia. Ia sehari-hari berprofesi sebagai pemahat. Dari kayu-kayu biasa diubah menjadi mahakarya yang tak ternilai harganya. Suatu hari dia membawa 2 buah kayu besar dari hutan untuk dipahat menjadi patung.
Keesokan harinya, kayu pertama mulai dipahat. Namun tidak sampai selesai, kayu itu menangis. Rasa sakit akibat pahatan tukang kayu itu sungguh tak tertahankan. Tukang kayu memahami penderitaan si kayu dan membujuknya agar sabar karena sakit tersebut hanya sebentar. Sehingga setelah jadi nanti, kayu akan berubah menjadi patung yang sangat memukau.

Pair USDCHF

Rp 00.00