Skip to main content

Penilaian Diri

Rp 00.00
Sejauh berkenaan dengan sukses, orang tidak diukur menurut hitungan sentimeter, atau kilogram, atau gelar akademis, atau latar belakang keluarga. 

Mereka diukur berdasarkan besar kecilnya cara berpikir mereka. Berapa besar kita berpikir menentukan ukuran prestasi kita. Sekarang, mari kita coba dan lihat hasilnya. 

Pernahkah Anda bertanya kepada diri sendiri, "Apa kelemahan saya yang terbesar?" Barangkali kelemahan terbesar manusia adalah sikap mencela diri. Sikap mencela diri terlihat melalui cara yang tak terhitung banyaknya.

Sebut saja John, ia melihat sebuah lowongan pekerjaan yang diiklankan di koran. Pekerjaan ini persis seperti apa yang ia inginkan. Akan tetapi ia tidak melakukan apa pun sehubungan dengan lowongan tersebut karena ia berpikir, "Saya tidak cukup ahli untuk pekerjaan itu, jadi mengapa harus repot-repot?" 

merasa enggan
Gambar 1. Ragu Ragu

Atau, mungkin Jim ingin berkencan dengan Joan, tetapi ia tidak menelepon Joan karena ia mengira gadis ini mungkin menolaknya. Tom merasa Tuan Richards akan menjadi calon pembeli yang sangat baik untuk produknya, tetapi Tom tidak menghubunginya karena ia merasa Tuan Richard adalah orang yang terlalu penting untuk mau menemuinya. 

Pete mengisi formulir lamaran untuk suatu pekerjaan. Salah satu pertanyaan berbunyi: "Berapa gaji awal yang Anda harapkan?" Pete menuliskan angka yang kecil saja karena ia merasa ia benar-benar tidak layak mendapatkan jumlah yang lebih besar seperti yang ia inginkan. Selama ribuan tahun para filsuf telah memberikan nasihat yang bagus: Kenali diri Anda sendiri. 

Akan tetapi kebanyakan orang tampaknya menafsirkan nasihat ini sebagai Kenali diri Anda yang negatif. Kebanyakan evaluasi diri terdiri atas pembuatan daftar mental yang panjang dari kesalahan seseorang, kekurangannya dan ketidakmemadai oleh dirinya sendiri.

sisi negatif
Gambar 2. Mengenali Diri Sendiri

Memang baik jika kita mengenali ketidakmampuan kita, karena hal ini memperlihatkan kepada kita bidang-bidang yang masih dapat kita perbaiki. Akan tetapi jika kita hanya mengenal sisi negatif diri kita, maka nilai diri kita pun menjadi kecil.

Share this on Google+
Wawancara | Latihan PD

Comments

Popular posts from this blog

Cara Simple Trading

Rp 00.00

Youtube Berhadiah

Rp 00.00
Halo Gan.. Ada hadiah menanti Anda lho. Yeah hadiah menarik buat agan dari menonton youtube. Untuk mendapatkan hadiah, Pastikan Anda terdaftar menjadi anggota Juragan Valas.
Setiap bulan akan ada pemenang terpilih dan diumumkan melalui cannel youtube juragan valas. Semoga beruntung ya..

Tanpa Listrik

Rp 00.00

Daftar Anggota

Rp 00.00 Mendaftar keanggotaan pada juragan valas memiliki banyak keuntungan. Kelebihan yang akan didapatkan para JVer adalah :

Perencanaan Trading yang Benar

Rp 00.00 Saya pernah mendengar seorang trader berkata : "Keuntungan trading itu terjadi saat exit bukan saat buka posisi". Saya sendiri percaya bahwa yang terpenting dalam trading terletak pada penutupan transaksi, bukan saat kita entry.

Walaupun Anda misalnya berhasil open posisi dipucuk, dan pair tersebut bisa bergerak dengan kencang, tanpa adanya perencanaan keluar pasar secara matang, semuanya akan jadi percuma saja.
Cerita ini mengingatkan saya bertemu dengan seorang trader asal Surabaya, Jawa Timur. Ia mencoba buy GBPUSD. Kebetulan waktu itu harga memang sedang tinggi-tingginya. Lalu dia hold transaksi tersebut hingga beberapa lama.
Gambar 1. Trader Forex
Saat GBPUSD mulai turun, dia belum melepasnya karena merasa harga masih bisa naik. Namun sayang GBPUSD melemah dan turun hingga mengurangi equity hampir 50% dari modal. Akhirnya dia mulai panik dan dengan sangat terpaksa melakukan cut loss.
Perhatikan baik-baik dari cerita di atas. Ketika transaksi kena TP (Take Prof…