Skip to main content

Wawancara

Rp 00.00
Belum lama ini saya berbincang dengan seorang pejabat personalia dari salah satu organisasi industri yang sangat besar. 

Empat bulan setiap tahun ia mengunjungi akademi dan perguruan tinggi guna merekrut staf untuk program pelatihan eksekutif junior yang berada di perusahaannya. 

Nada umum dari komentarnya menunjukkan bahwa ia berkecil hati karena sikap banyak anak muda yang ia ajak berbicara.

"Hampir setiap hari saya mewawancarai antara 8 dan 12 mahasiswa senior, semua termasuk posisi atas di dalam kelas mereka, dan semua setidaknya agak berminat untuk bergabung dengan staf kami.

"Salah satu hal utama yang kami cari di dalam wawancara penyaringan adalah motivasi diri individu. Kami ingin mengetahui apakah ia termasuk jenis orang yang dapat, dalam waktu beberapa tahun, memimpin proyek-proyek besar, memanajemeni kantor cabang atau pabrik, atau dengan suatu cara lain memberikan sumbangan yang benar-benar besar bagi perusahaan."

usia pensiun
Gambar 1. Perencanaan Pensiun

"Saya harus mengakui bahwa saya tidak terlalu senang dengan sasaran kebanyakan orang muda yang saya wawancarai." Anda akan terkejut," ia melanjutkan, "berapa banyak orang berusia 22 tahun yang lebih tertarik akan rencana pensiun kami dibandingkan apa saja yang lain yang kami tawarkan. 

Pertanyaan favorit kedua adalah, 'Apakah saya akan banyak bepergian?' Kebanyakan orang muda tampaknya mendefinisikan kata sukses sinonim dengan jaminan. Dapatkah kita mengambil risiko mempercayakan perusahaan kita kepada orang-orang seperti itu?

merenung diri
Gambar 2. Berpikir Sempit

"Yang tidak dapat saya mengerti adalah mengapa orang-orang muda dewasa ini harus menjadi begitu ultrakonservatif, begitu berpandangan sempit mengenai masa depan? Setiap hari tampaknya ada semakin banyak peluang. Negara ini membuat kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan perkembangan industri. Populasi bertambah dengan pesat.

Kecenderungan begitu banyak orang yang berpikiran kecil berarti ada jauh lebih sedikit persaingan ketimbang yang Anda kira untuk karier yang sangat memberikan harapan.

Share this on Google+
Senyuman | Penilaian Diri

Comments

Popular posts from this blog

Level 4

Rp 00.00

Pair EURUSD

Rp 00.00

Pentingnya Ilmu AQ Pada Trader

Rp 00.00 Kita tahu di dunia ini sudah ada ilmu pengembangan psikologis diantaranya : IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient), dan ada tambahan lagi yaitu AQ (Adversity Quotient). Ilmu satu ini mengukur tingkat ketahanan seseorang dikala menghadapi situasi sulit.
Ada sebuah potensi di dalam diri yang bisa dikembangkan untuk mencapai suatu tujuan. Fokus dari potensi itu adalah AQ. Bagaimana menghadapi banyak rintangan, cobaan, hambatan, yang menjadi masalah adalah contoh apakah kita sanggup untuk berdiri kembali setelah terjatuh. Semakin cepat bangkit kembali dan mempertahankannya itu menandakan AQ Anda makin tinggi.

Anda Frustasi di Forex? Ini Solusinya

Rp 00.00 Ada sebuah kisah jaman dahulu dari seorang tukang kayu ketika mahkluk-makhluk dibumi masih bisa berbicara layaknya manusia. Ia sehari-hari berprofesi sebagai pemahat. Dari kayu-kayu biasa diubah menjadi mahakarya yang tak ternilai harganya. Suatu hari dia membawa 2 buah kayu besar dari hutan untuk dipahat menjadi patung.
Keesokan harinya, kayu pertama mulai dipahat. Namun tidak sampai selesai, kayu itu menangis. Rasa sakit akibat pahatan tukang kayu itu sungguh tak tertahankan. Tukang kayu memahami penderitaan si kayu dan membujuknya agar sabar karena sakit tersebut hanya sebentar. Sehingga setelah jadi nanti, kayu akan berubah menjadi patung yang sangat memukau.

Rahasia Dinapoli

Rp 00.00